Waktu :: Telpon (Call/WA) 085641551177 e-Mail mtsmu.ngemplak@gmail.com
Info Madrasah
Selasa, 23 Jul 2024
  • Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2023/2024 telah dibuka. Info selengkapnya silahkan klik menu PPDB atau KLIK DISINI
10 Agustus 2017

Imunisasi Campak dan Rubella

Kamis, 10 Agustus 2017 Kategori : artikel / Berita

Hari ini Kamis (10/8) MTs Miftahul Ulum Ngemplak menyelenggarakan imunisasi campak dan rubella gratis yang difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Demak melalui UPTD Puskesmas Mranggen II. Kegiatan imunisasi ini diikuti oleh semua siswa-siswi MTs Miftahul Ulum yang belum mencapai umur 15 tahun. “Hanya ada 5 siswa yang tidak diimunisasi karena berusia lebih 15 tahun”, kata Sugihartono, S.Pd, Pembina PMR.

Dalam pelaksanaannya, ada beberapa siswa yang mengaku takut dengan jarum suntik. Namun demikian, setelah mendapat penjelasan dari para petugas dan guru bahwa suntik ini tidak sakit, maka merekapun bersedia disuntik. Ada juga salah satu siswa yang menangis serta mengikat dirinya sendiri ke bangku dengan tali ikat pinggangnya agar tidak disuntik. “Ada juga yang bersembunyi di dalam almari kelas, memang unik tingkah anak-anak sewaktu tahu bahwa mereka akan disuntik hari ini”, imbuh Sugihartono.

UPTD Puskesmas II Mranggen pada hari yang sama menerjunkan 4 tim untuk memberikan suntikan ke berbagai madrasah dan sekolah di wilayah kecamatan Mranggen bagian utara. Ibu Zuli, salah satu petugas menerangkan bahwa Campak jerman disebut juga sebagai rubella, german measles, atau campak 3 hari adalah infeksi virus yang menular terutama menyerang kulit dan kelenjar getah bening, pada kulit dikenal dengan ruam berwarna merah yang khas dan pada kelenjar getah bening menimbulkan pembesaran (pembengkakan). Rubella tidak sama dengan campak (rubeola), meskipun sama sama menimbulkan ruam merah pada kulit. Karena, rubella ini disebabkan oleh virus yang berbeda dengan campak (rubeola) sehingga penularannya pun sedikit berbeda. Penyakit ini umumnya ringan pada anak-anak, namun berbahaya pada wanita hamil karena dapat menyebabkan sindrom rubella kongenital yang mengakibatkan kelainan bawaan pada bayi.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Pengumuman Madrasah

No notices yet.

Info Madrasah

No notices yet.